Minggu, 22 Januari 2012

Cara Membuat Kabel Jaringan

  
     Assalamualaikum wr.wb hai kawan kawan kali ini saya akan membagi pengalaman saya tentang cara membuat kabel jaringan menggunakan RG-45. Seperti yang sudah diajarkan bapak Miftah (guru TIK yang kami hormati) caranya tidak sulit kok, daripada banyak basa-basi mendingan kita to the point aja deh.

Alat-alat yang dibutuhkan:
  1. UTP Cable/Kabel LAN - Kabel yang akan kita gunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis UTP (Unshielded Twistet Pair).
  2.  Konektor RG-45 - Merupakan konektor yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Untuk kabel jaringan menggunakan tipe RJ45. Harga sekarang berkisar  Rp500-2000 
  3. Crimping Tool - Alat yang kita gunakan untuk memasang kabel jaringan. Peralatan ini memiliki multi fungsi, diantaranya bisa memotong kabel, membuka bungkus kabel dan menjepit kepala konektor. Harga sekarang sekitar Rp. 75.000. 
  4. Cable Stripper – Digunakan untuk memotong benang halus yang ada didalam kabel dan juga bisa digunakan untuk memotong jacket pelindung kabel.
Cara Membuat :
-Siapkan kabel LAN sepanjang yang kita ingin gunakan.

-Potonglah kulit luar dari kabel lakukan dengan cara diputar-putar di tempat yang sudah disediakan,kemudian tarik bagian luar kabel sampai terlihat isinya sekitar 2 cm.Gunakanlah crimping tool untuk melakukan hal ini.
-Setelah bagian luarnya kita potong, susunlah 8 kabel warna warni tersebut dengan standard yang sudah ditetapkan dengan urutan oranye-putih,oranye.hijau-putih,biru,biru-putih,hijau,coklat-putih,coklat,Setelah tersusun dengan rapi dan sesuai dengan urutan warnanya, pastikan bahwa ujung-ujung kabel tersebut rata. Jika belum rata, potonglah dengan menggunakan Crimping Tool. lihat gambar diatas.
-Kemudian masukkan kabel-kabel yang sudah tersusun dgn rapi ke dalam konektor RJ-45. Tekan kabel-kabel tersebut sampai mentok ke ujung dari konektor, pastikan terlihat warna keemasan dari ujung konektor RG-45
-Kemudian, masukkanlah konektor RG-45 pada Crimping Tool dan tekanlah gagang dari crimping tool dengan cukup kuat, agar ujung tembaganya menjepit dengan erat kabel UTP. Lakukan hal yang sama pada ujung satu lagi.

Mudahkan? jika kawan-kawan ingin menjadi ahli/teknisi komputer pasti akan sangat penting mengetahui cara membuat jaringan LAN menggunakan RG-45

wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More